Honda Air Blade 150 dengan Mesin Baru

Berpindah dari dalam negeri kini sekarang kita bahas info motor terbaru dari mancanegara, tepatnya Vietnam. Baru-baru ini, Honda secara resmi merilis rival teranyar dari Yamaha Aerox, yakni Honda Airblade 150. Mengusut kabar yang gue baca dari MotoSaigon, Honda Air Blade 150 ini menggunakan mesin baru. Namun kubikasi mesin tetap nggak lebih besar dibanding Aerox. Nah, untuk lebih jelasnya bisa Sobat Bikers simak aja seluruhnya di bawah ini.

Spek Mesin Honda Air Blade 150

Dari spesifikasi resmi yang disodorkan, Air Blade ini ditawarkan dengan dua besaran mesin, 125cc dan 150cc. Masing-masing ditenagai mesin eSP khas Honda yang berkapasitas 125 dan 150cc 4-tak silinder tunggal. Dilihat sekilas, bagian CVT memiliki kemiripan dengan kepunyaan All New Vario di Tanah Air. Jadi menurut asumsi pribadi, Honda Air Blade ini juga menggunakan mesin yang sama dengan All New Vario. Dan hal ini pun masuk akal, mengingat Vario dalam negeri juga memiliki dua model besaran silinder yang berbeda, 125 dan 150cc.

Dan keluaran tenaga maksimal Honda Air Blade 150 mencapai 12,87 dk alias 9,5 Kw pada putaran 8.500 RPM. Sementara output daya torsi maksimum motor baru Honda ini menyentuh 13,3 Nm per 5.000 RPM. Dan lagi-lagi, angka tersebut mengundang kecurigaan gue bahwa mesin Honda Airblade 150 dan Vario adalah sama. Sebab di laman resmi Astra Honda, besaran power dan torsi Vario juga menunjukkan kesamaan, yang mana keduanya memiliki peak power pada 8.500 RPM.

Tenaga dan torsi yang dikeluarkan dari mesin 150 cc ini berkat besaran bore x stroke sebesar 57,3 x 57,9 mm, yang mana jika ditotal diketahui adalah 149,3 cm3. Namun kompresi mesin hanya 10,6 : 1 yang justru lebih kecil dibanding versi Air Blade 125cc mencapai 11 : 1.

Desain Bodi

Jika ditelisik lewat foto yang beredar, bagian depan atau lebih tepatnya headlamp, Air Blade ini comot punya Honda ADV 150. Model lampu dual keen ini memiliki bentuk serta pola yang sama dengan ADV. Namun entah kenapa, penggunaan headlamp ini membuat Air Blade terlihat gagah dan sporty.

Adanya sekat dek tengah yang disinyalir sebagai tempat tangki bensin bersemayam, menjadikannya sektor pembeda antara Vario dengannya. Dan hal ini pula yang memastikan bagian bodi terlihat lebih ramping dan kompak meskipun di bawah jok merupakan kompartemen bagasi yang luas.